Senin, 19 Maret 2012

SEJARAH TERBENTUKNYA HMJ PAI

Posted by Unknown On 11.19 0 komentar


             
              Tanggal 29 Juni 2003, tercatat sebagai tanggal lahir dari Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) yang tercinta, pada penyelenggaraan pendidikannya INKAFA memiliki 4 Fakultas dengan 6 Jurusan yang berbeda. Fakultas Tarbiyah sebagai Fakultas yang bergengsi dan paling diminati memiliki 2 Jurusan yaitu Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Namun dari sekian Jurusan-jurusan di atas, Jurusan PAI menempati chart pertama dari segi kuantitas mahasiswanya. Hal ini terbukti dengan jumlah mahasiswa berkisar antara 200 sampai 300 mahasiswa yang duduk di bangku perkuliahan INKAFA Jurusan PAI selama tiga angkatan (2003, 2004, 2005). Sehingga tidak salah mengatakan bahwa PAI adalah jurusan yang paling diminati dan memiliki mahasiswa yang mayoritas.
            INKAFA dengan visi dan misinya untuk membentuk sarjana-sarjana yang memiliki kapabilitas dalam segi IMTAQ dan IPTEK melalui penyelenggaraan pendidikan akademik strata satu, dianggap sangat diperlukan berdirinya Organisasi Intra Kampus yang mampu menampung dan mengembangkan bakat, minat, serta skill mahasiswa INKAFA
            Atas asumsi dan dasar pemikiran di atas, dianggap sangat perlu akan berdirinya Organisasi Intra Kampus yang memiliki hubungan yang langsung dengan mahasiswa yang terhimpun dalam satu jurusan tertentu, seiring dengan perkembangan kedewasaan segenap mahasiswa PAI dalam berorganisasi dan kepemimpinan, terbentuklah sebuah organisasi yang memiliki hubungan langsung dengan mahasiswa yang terhimpun dalam jurusan Tarbiyah yaitu Himpinan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam yang lebih dikenal dengan HMJ PAI.

0 komentar:

Posting Komentar